Babas, Pengrajin Bonsai Legendaris Kelurahan Banjar

Babas, Pengrajin Bonsai Legendaris Kelurahan Banjar

Pengrajin Bonsai  - Mungkin di kalangan para penyuka tanaman hias, istilah bonsai sudah tak asing lagi kedengarannya. Tanaman atau pohon yang dikerdilkan yang bertujuan untuk menyerupai halnya pohon besar yang tumbuh liar di alam bebas.

Sebut saja Babas, salah satu pengrajin tanaman bonsai legendaris dari Lingkungan Banjarkolot RT 02 RW 13 Kelurahan Banjar. Berkat keuletan tangannya ia berhasil membuat puluhan bonsai dari berbagai jenis tanaman.

Ketika dijumpai Kabar Erte 02 di kediamannya, (30/01/2020) dalam pembicarannya dia menyampaikan " Berawal dari hobi terhadap tanaman hias, namun lebih tertarik untuk menekuni tanaman bonsai. Keahliannya ini didapat secara otodidak, ya ....itung - itung salah satu bentuk ekspresi yang dituangkan melalui tanaman " ( sambil tersenyum).

Sekilas nyaris sama untuk hal perawatan dengan tanaman hias lainnya, namun beliau menambahkan " Seni membuat tanaman bonsai ini meliputi beberapa teknik, yakni pemotongan, pemangkasan serta pembentukan pohon itu sendiri. Untuk hal pembentukannya bisa menggunakan alat bantu yaitu dengan bantuan ikatan kawat. Tidak sampai disitu saja, dalam pembuatan bonsai sendiri tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama serta mencakup bermacam jenis pekerjaan lainnya ( pemupukan, serta penggantian media tanah)"

Di rumahnya, hingga kini terdapat berbagai macam tanaman bonsai, mulai jenis tanaman lokal seperti pohon serut, kemuning, bintang seribu, hingga beberapa jenis yang susah dijumpai ,hokiyanti, streblus.

Di akhir perbincangannya beliau menambahkan " yang terpenting dalam pembuatan tanaman bonsai ini, dibutuhkan keuletan dan kesabaran, karena semakin berumur pohon tersebut semakin bagus kualitasnya. Dan bagi yang berminat menekuni seni ini silahkan saja datang kesini, ya mungkin bisa sharing seputar hal ini. (pungkasnya)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Babas, Pengrajin Bonsai Legendaris Kelurahan Banjar"

  1. Sangat bagus untuk melestarikan seni bonsai dan memberikan contoh buat generasi sekarang.

    BalasHapus